Buat Gebrakan Baru, Pembatik Garut Jadi Pelopor Batik Tulis di Kaus

oleh -281 Dilihat
oleh

KABARGARUT.com, Garut – Demi menghidupkan asa pelaku industri batik garutan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengkampanyekan pembuatan batik kaus. Selama ini gambar kain kaus, hanya dilakukan melalui media sablon.

“Kami memiliki ide untuk batik di bahan kaus ini, mudah mudahan ke depan menjadi pelopor batik dari kaus itu dari batik Garutan,” ujar Ketua Dekranasda Garut Diah Kurniasari, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, inovasi untuk mengkampanyekan motif batik pada kaos penting untuk menaikan pamor motif batik garutan, sekaligus mengangkat ikon daerah.

“Semoga menjadi pelopor biasanya kaus itu di printing pakai sablon sebagainya, ini kita jadi batik tulis inilah kelebihan dari batik garutan yang bisa membatik di kaos,” ujar dia.

Untuk memudahkan pemasaran, rencananya batik kaus garutan itu bakal diperkenalkan kepada Dinas-dinas dan instansi pemerintah di Garut, termasuk para tamu penting yang datang ke Garut.

“Semoga para pembatik lebih bersemangat, mereka tidak merasa sendiri,” ujar dia menyemangati.

Saat ini ujar istri Bupati Garut tersebut, jumlah pembatik di Garut hanya tersisa sekitar 60-an orang, dengan mayoritas usia di atas 50 tahun, angka itu jauh menurun dari sebelumnya yang berada di angka 200 lebih.

“Dengan adanya motif batik kaus ini, minat para pemuda yang usia muda untuk ke belajar batik ini kembali meningkat,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.