Budi Daya Domba Menjadi Pilihan Warga Desa Lebak Agung Dalam Program Ketahanan Pangan

oleh -96 Dilihat
oleh

KABAR GARUT – Dalam meningkatkan perekonomian warga Desa Lebak Agung, Kades Lebak Agung, Oman mengatakan bahwa budi daya Domba menjadi pilihan bersama.

“Jadi setelah mensepakati keputusan bersama, baik dari kelembagaan desa, RT dan RW beserta tokoh masyrakat maka budi daya domba menjadi pilihan dalam program ketahanan pangan,” ucap Oman disaat kontroling kandang domba dikampung Cirendang RW02. minggu (24/07/2022).

Oman pun menjelaskan kenapa harus budi daya domba yang masuk dalam program ketahanan pangan.

“Jadi intinya program ketahanan pangan ialah program untuk meningkatkan perekonomian warga, jadi manfaatnya juga harus bisa dirasakan langsung oleh warganya,” terang Oman

Selain itu Oman pun menjelaskan kenapa harus budi daya domba?, jadi menurut Oman selain warganya sudah faham dalam pengelolaan domba, selain itu domba pun terbilang mudah dalam pemasarannya.

“Disini kami tidak asal mensepakati jenis usaha apa yang akan dilaksanakan dalam program kesejahteraan pangan, tetapi kita juga harus bisa membaca usaha ini kedepannya seperti apa dan bagai mana cara pengelolaannya, baik manajemennya maupun SDMnya, dan untuk domba sendiri Alhamdulillah di Lebak Agung banyak warga yang sudah faham cara mengurus domba, jadi kita hanya membangun manajemennya saja,” terangnya.

Oman berharap dengan adanya program ketahanan pangan ini bisa lebih membantu warganya dalam pemulihan ekonomi setelah ditimpa pandemi covid-19.

“Jadi yang kami inginkan, dalam budi daya domba ini bisa terus berjalan dan berkembang, sehingga nanti tiap warga desa Lebak Agung bisa ikut merasakan manfaatnya dan bisa membantu meningkatkan perekonomian warganya,” pungkasnya.

Dalam informasi yang KabarGarut terima program ketahanan pangan dan hewani sendiri merupakan program yang diwajibkan pelaksanaannya disetiap Desa, dimana sumber anggaran dananya berasal dari alokasi Dana Desa tahun 2021 minimalnya 20%. (Red_Kabargarut)

No More Posts Available.

No more pages to load.