BWI Kabupaten Garut Melakukan Koordinasi Dengan Bupati Garut

oleh -277 Dilihat
oleh

KABAR GARUT – Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Kabupaten Garut hari ini senin 04 April 2022 melakukan koordinasi sekaligus lapor kepada Bapak Bupati Garut perihal rencana aksi tahun 2022 dan tahun 2023.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Humas BWI Kabupaten Garut, Dedi Kurniawan, SE., M.Si. acara tersebut langsung diterima oleh Bapak Bupati Garut di command center, rombongan BWI yang di pimpin oleh Ketua BWI Garut KH. Undang abdul Jalil, S.Ag. juga didampingi oleh Asda I Dr. H. Suherman, SH., M.Si. selaku Pembina BWI Kab. Garut

Diantara program mendesak adalah kita harus menjaga memelihara dan mendaya guna harta wakaf dikabupaten Garut yang sampai hari ini tercatat mencapai 8.000 harta tanah wakaf.

Ke 8.000 tanah wakaf ini akan kami pastikan pengadministrasiaannya sampai terbuatnya sertifikat wakaf untuk menghindari konflik di kemudian hari, sebab menjual belikan tanah wakaf masuk ranah pidana disamping secara teologis jelas perbuatan yang dilarang oleh agama khususnya islam.

Program kami berikutnya adalah meng up date harta wakaf ke aplikasi sitem informasi perwakafan (SIWAK) sehingga harta wakaf dapat diakses oleh siapapun.

Disamping itu berikutnya adalah kita akan menertibkan administrasi nadzir (pengelola wakaf) sebab menurut aturan yang ada nadzir SK nya diperpanjang atau diganti setiap 3 tahun 1 kali, bagaimana mereka bisa menang jika terjadi sengketa kalau SK nadzirnya sudah kadaluwarsa, dan yang mengeluarkan SK nadir adalah kami BWI tingkat kabupaten.

Termasuk sekarang kami akan segera berkoordinasi untuk mengurusi tanah-tanah wakaf yang rencana akan tergusur oleh proyek tol cigatas baik berupa tanah kuburan atau mesjid dan sarana keagamaan lainnya.

Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat apabila berwakaf namun belum diuruskan administrasinya segera lapor kepada KUA terdekat atau kepada kami untuk segera bersama-sama kita tertibkan administrasinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari berupa alih fungsi atau penjualan harta wakaf. Dan kami mengetuk serta mengajak seluruh warga kaum muslimin di Kabupaten Garut untuk melakukan gerakan wakaf uang, untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat Garut, uang pokok tersebut tetap utuh namun keuntungan dari uang wakaf tersebut kita gunakan untuk kemajuan masyarakat Garut. (Red_Kabar Garut)

No More Posts Available.

No more pages to load.