Dalam Memperingati Hari Amal Bhakti Kementrian Agama RI Yang ke 77 Tahun 2023, Cisewu Gebyar dan Meriah

oleh -169 Dilihat
oleh

kabargarut.com – Bertempat di lapangan terbuka Gedung sekolah MTsN 3 Garut Jalan Purwabhakti Nomor 57 Desa Cisewu Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut telah dilaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kementrian Agama RI ke 77 Tahun 2023 dengan moto ” kerukunan umat untuk Indonesia hebat.

Peringatan hari HAB Kemenag RI yang ke 77 ini semoga menjadi perekat silaturahmi dengan digelarnya ajang perlombaan olah-raga dan seni, adapun acara puncak kegiatan tersebut digelar sejak Tanggal 10 Januari sampai dengan tanggal 12 Januari 2023 dimulai sekira pukul 07:30 WIB. Kamis (12/01/2023).

Kegiatan HAB RI yang ke 77 ini dihadiri oleh Kepala KUA Kecamatan Cisewu, KKRA Kecamatan Cisewu, KKM MI Kecamatan Cisewu, KKM MTs Kecamatan Cisewu, KKM MA kecamatan Cisewu, DPAC Kecamatan Cisewu dan DPAC Kecamatan Talegong, Forkopimcam Kecamatan Cisewu , turut hadir pula team A-PPI DPD Garut, dan untuk pengaman lalu lintas dikawal oleh anggota Dishub Wilayah 6 yang selalu melaksanakan pelayanan di bidang perhubungan yaitu bapak H. Saepudin yang sudah biasa disapa (Uwa Rambo).

H. Aip Saripudin, S.Ag., MA Kepala KUA Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut sebagai Ketua umum kegiatan HAB Kementrian Agama Republik Indonesia yang ke 77 Tahun 2023 menyampaikan kepada awak media “bahwa kegiatan Hari Amal Bhakti Kementrian Agama Republik Indonesia yang ke 77 Tahun 2023 ini diikuti oleh sewilayah Exs 8 Bungbulang yang diselenggarakan di Kecamatan Cisewu dari berbagai lembaga kementerian agama baik dari Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah ibtidaiyah, RA dan FKDT, warga Kementrian Agama, KUA semuanya, pondok pesantren telah mengikuti kegiatan ini juga,”ujarnya.

Selanjutnya, Kalau untuk kegiatan upacara kemarin itu diikuti oleh 6 kecamatan diantaranya yaitu dari Kecamatan Caringin, Kecamatan Pakenjeng, Kecamatan Bungbulang, Kecamatan Cisewu, Kecamatan Talegong dan Kecamatan Mekarmukti.

Kemudian untuk acara kegiatan khusus untuk di wilayah lingkungan Kecamatan Cisewu dan Talegong,
Alhamdulillah meriah, semarak, berjalan lancar dan penuh dengan harapan, bahwa ini kegiatan bisa ditingkatkan lagi untuk pelaksanaan di tahun-tahun yang akan datang.

Tahun 2023 ini Alhamdulillah telah dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan dan di akhiri dengan lomba sehat jalan santai yang diikuti kurang lebih 1500 peserta dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Cisewu dan Talegong,”terang H. Aip.

Dalam kesempatan yang sama Yuyun Yunengsih, S.Ag sebagai Ketua KKRA 25 di kementerian agama wilayah Cisewu dan Talegong, untuk disini mungkin saya dipercaya sama bapak kepala KUA untuk menjadi ketua pelaksana kegiatan, sebetulnya acara ini diadakannya dua acara, yang pertama pas tanggal 3 Januari itu upacara HAB Kemenag RI ke 77 secara menyeluruh di wilayah negara kesatuan republik Indonesia, cuman untuk kabupaten Garut dibagi-bagi wilayah dan buat di wilayah Garut Selatan yang tadi kata pak haji ucapkan wilayah Exs 8 itu digelar di kecamatan Cisewu, makanya kemarin upacara dilaksanakan di sini juga, di lapangan MTsN 3 Garut ini, itu di ikuti oleh 6 kecamatan itu.”imbuhnya.

Nah untuk sekarang mungkin ini biasa ya, ini sudah tahun ke 3 kita biasa melaksanakan seperti ini, jadi untuk kegiatan lomba-lomba yang tidak ikut ke kabupaten, kalau ke kabupaten itu kan dibatasi ya, makanya kita menyelenggarakan disini untuk memeriahkannya. yang pertama memeriahkan HAB kemenag RI, yang keduanya itu untuk menjalin silaturahmi antar pekerja kementrian agama khususnya yang ada di wilayah kecamatan Cisewu dan Talegong, jadi supaya tahu ini yang di RA yang di MI, MTS, FKDT, KUA dan yang lainnya bahwa kita ini keluarga yang ada di satu rumah kementerian agama di Kabupaten Garut seperti itu.” Ucapnya.

Harapan saya kedepan dengan adanya acara seperti ini semoga persaudaraan kita semakin erat, persatuan kita juga semakin kuat, dan kita bisa menunjukkan walaupun kita berada di kampung jauh dari kota, tapi kegiatan yang ada di Kecamatan Cisewu itu tidak kampungan, kita bisa bersaing dengan yang berada di kota, malahan kalau menurut saya dan menurut kepala MTsN 3 Garut walaupun Cisewu itu kampung tapi kegiatan ini bisa bersaing serta sejajar dengan kegiatan yang ada di kota, malahan bisa lebih bagus, kebersamaan kita itu terjalin, Alhamdulillah,” tambahnya.

Adapun untuk hadiah-hadiah kami tidak mengambil dana dari sekolah, jadi ini kami tidak mengambil dana dari BOS, tapi ini kita murni iuran anggota, jadi anggota dengan sukarela ia berpartisipasi dan memberikan donasinya, karena mereka sendiri ini juga diadakan atas usulan dari bawah dari anggota-anggota yang lewat ketua KKRA, lewat ketua KKM MI, lewat ketua KKM MTs, KKM MA dan yang lainnya, ada juga bantuan Donasi dari pihak luar, yuk mari kita meriahkan acara ini, walaupun kita jauh dari kota yuk kita meriahkan, ” dari kita, untuk kita, oleh kita semua seperti itu,”kata Yuyun dengan penuh semangat.

Untuk persiapan kegiatan kurang lebih satu bulanan, soalnya ini tidak lama, kenapa tidak lama kerena sudah tiga tahun berjalan.

Dan yang terakhir Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dan para Donatur yang telah memberikan partisipasinya dalam acara ini, ada yang dari koperasi, ada yang dari PD Family dan yang satu lagi itu dari BPR, tapi itu Donasi yang tidak mengikat, atas sukarela saja,”pungkasnya. (Bah Tata)

No More Posts Available.

No more pages to load.