Dinkes Garut Gelar Peringatan HKN 2021, Kedepan Targetkan Perbaikan Infrastruktur Puskesmas dan Tenaga Kesehatan

oleh -203 Dilihat
oleh

KABARGARUT.COM – Dinas Kesehatan kabupaten Garut menggelar Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tingkat Kabupaten Tahun 2021, dilaksanakan di Lapangan Apel Sekertariat Daerah Garut Jalan Pembangunan no 185, pada senin (06/11/2021). Dalam Upacara Peringatan HKN tersebut, dihadiri oleh para Kepala SKPD, Camat Se-Kabupaten Garut, para Kepala Puskesmas, Tenaga Kesehatan Berprestasi, dan unsur lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Maskut Farid, MM, mengatakan setiap tanggal 12 November kita peringati HKN, HKN itu setiap tahun diperingati, ini sebagai momentum untuk memberikan penghargaan kepada teman-teman kesehatan dan juga momentum untuk perbaikan kinerja, supaya kesehatan di Indonesia ini, khususnya di Garut lebih meningkat lagi.
’’ Untuk pecapaian secara umum, tadi disampaikan oleh Pak Bupati, bahwa kita memang berusaha untuk memperbaiki kenerja Kesehatan. Mulai dari Puskesmas, kemudian juga Rumah Sakit rujukan, dan juga alur rujukan serta ambulannya kita perbaiki, kemudian juga Promosi Kesehatannya. Untuk pembangunan Pukesmas kita hampir 90% dari 42 Kecamatan, ada sedikit yang belum, terutama yang tanahnya kurang seperti di Bojongloa, karena tanahnya dekat dengan Desa, maka kita beli tanahnya dan kita sudah matangkan, “ ucap dr Maskut.

Mudah-mudahan ke depan kita bangun semua Puskesmas yang representatif, imbuh dr Maskut, seperti halnya di Pakuwon, tanahnya juga tanah Desa, kita sudah beli tanah yang kecil, kita usahakan lahan yang cukup, sehingga Puskesmasnya bisa dibangun. Tapi kalau tidak dibebaskan lahannya itu yang susah, lanjutnya, karena proses perbaikannya kurang maksimal.

“ Kalau untuk Puskesmas Pembantu (Pustu) memang itu cukup banyak, pelan-pelan kita perbaiki itu juga, karena jika Desa menginginkan Pustu, tanahnya harus dihibahkan dulu. Jadi jangan sampai nanti kita sudah bangun tahu-tahu diminta tanahnya, kan nanti jadi masalah, “ ujarnya.

Lanjut dijelaskan dr Maskut, sementara Puskesmas di Kabupaten Garut cukup banyak, untuk jumlahnya ada 67 Puskesmas Dari 42 Kecamatan di Kabupaten Garut. Tetapi masih belum memenuhi target, untuk tenaga kesehatannya. Saat ini Kabupaten Garut ditolong dengan BLUD artinya dari tenaga-tenaga BLUD ini kita berdayakan yang non PNS.

’’ Untuk ke depan, memang tenaga-tenaga di Puskesmas ini rata-rata setengahnya tenaga baru, jadi memang masih sangat kurang tenaga PNS nya. Setiap tahun kita perbaikan-perbaikan terus, untuk kuota pengajuannya rata-rata antara 30 sampai 40. Karena kalau kita itu menginginkan pengajuan dokter spesialis, untuk saat ini ada 6 Dokter spesialis yang belum terisi kuotanya dikarenakan susah. Makanya kita kedepannya akan memberikan beasiswa untuk dokter spesialis ini, “ pungkas dr maskut.

Terpantau oleh hariangarutnews.com usai Upacara Peringatan HKN ke-57, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan pada tenaga Kesehatan berprestasi dan Piala pada pemenang Lomba Festival Kreasi Senam Germas Garut (Seggar) 2021 tingkat kabupaten. (Don)

No More Posts Available.

No more pages to load.