Disampaikan Bupati Garut Pada Puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2022

oleh -170 Dilihat
oleh

KABAR GARUT – Jumat, 9 Desember 2022. Bupati Garut, Rudy Gunawan mengikuti acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang dipimpin oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), K.H Ma’ruf Amin melalui zoom meeting di Gedung Command Center Diskominfo, Komplek Pendopo Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Wapres RI mengatakan, Hari Antikorupsi yang dilakukan setiap tahun adalah sebagai penanda sekaligus pengingat bahwa korupsi adalah musuh utama seluruh bangsa, seperti halnya Covid-19 yang merupakan musibah global, korupsi juga merupakan pusat dari berbagai persoalan.

“Korupsi memiliki sifat koruptif terhadap segala pencapaian kita. Tujuan kita untuk pulih dari krisis yang disebabkan oleh munculnya beragam tantangan baru di bidang ekonomi, politik, sosial, dan lingkungan hidup hanya akan berhasil kita menangkan apabila kita menerapkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik dan bebas dari korupsi,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan, sumber daya yang bernilai tinggi harus dikelola dengan baik demi kepentingan rakyat, dan tidak memperkaya individu maupun kelompok tertentu. Situasi sulit yang saat ini dihadapi, imbuhnya, akan semakin terasa berat dengan adanya perilaku korupsi, misalnya salah satunya korupsi di bidang pertanian yang akan berdampak negatif terhadap kesejahteraan para petani dan memperparah dampak dari krisis pangan.

“Demikian pula pengelolaan perizinan yang tidak transparan dan pengambilan kebijakan yang tidak berintegritas akan menyebabkan negara kehilangan potensi pendapatan di sektor energi, dan sumber daya mineral. Oleh karena itu segala upaya pemulihan sosial ekonomi nasional membutuhkan dukungan dari KPK, dan semua pemandu kepentingan agar tidak tumbang oleh perilaku koruptif,” katanya.

Wapres juga mengajak pemerintah maupun masyarakat untuk memberikan perhatian kepada beberapa hal, di antaranya yaitu pengelolaan sumber daya yang baik, upaya pemberantasan korupsi diarahkan kepada perubahan perilaku pemerintah dan masyarakat.

“Tiga, saya berharap semangat dari tema Indonesia pulih bersatu berantas korupsi, menjadi penguat komitmen dan langkah dari seluruh kementrian, lembaga, serta pemerintah daerah untuk menjalankan rencana pemerintah tahun 2023 yang mengambil tema peningkatan produktifitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengutip pidato Wapres RI berpesan, di momen Hakordia Tahun 2022 ini, gerakan nasional anti korupsi ini dimulai dari masyarakat tingkat RT/RW. Rudy menegaskan, pihaknya akan terus meningkatkan integritas dalam rangka mendukung gerakan antikorupsi.

“Saya berharap terutama para pemborong yang bekerja dengan baik, saya minta BPK itu banyak yang harus dilakukan, audit investigasi, saya juga sekarang ada beberapa di laporkan ke inspektorat provinsi pekerjaan-pekerjaan banprov yang tidak bagus, saya minta di evaluasi kegiatan-kegiatannya,” ucapnya. (Abo/Tono)

No More Posts Available.

No more pages to load.