Garut Raih Penghargaan Best Practice SDGs Jabar Award 2022

oleh -208 Dilihat
oleh

KABAR GARUT – Dari BANDUNG BARAT. Selasa 20 Desember 2022. Kabar membanggakan kembali diraih oleh Kabupaten Garut, di mana penghargaan ini mengenai Practice Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan ke 3 SDGs yaitu Kesehatan yang membaik dan Kesejahteraan, dengan memasukkan inovasi Dinas Kesehatan pelayanan di puskesmas Banjarwangi yakni TOP DE AMOR yang memiliki singkatan Tukang Ojeg Puskesmas Dengan Elektronik Ambulan Motor, berhasil meraih Penghargaan Best Practice SDGs Jabar Award 2022.

Program inovasi TOP De Amor sendiri telah berjalan sejak tahun 2017, merupakan sebuah inovasi alternatif situasional yang mencoba mengkolaborasikan kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memberdayakan tukang ojek yang mangkal di sekitar UPT Puskesmas Cihurip, sehubungan adanya kendala kondisi geografis pegunungan yang tidak memungkinkan menggunakan kendaraan roda empat atau ambulan puskesmas.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala BAPPEDA Jawa Barat, Sumasna, dalam acara Coaching Penyusunan dan Monitoring Evaluasi (Monev) Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) serta Coaching Penyusunan Proposal Inovasi Pendanaan Pembangunan melalui Bantuan Keuangan Kompetitif Tahun Anggaran 2024 yang digelar oleh BAPPEDA Provinsi Jawa Barat di Green Forest Resort, Kabupaten Bandung Barat.

Selain Kabupaten Garut, penghargaan Best Practice SDGs Jabar Award 2022 ini diberikan juga kepada Kabupaten Ciamis, Kabupaten Indramayu, Kota Bogor, dan Kota Bandung.

Kepala BAPPEDA Jawa Barat, Sumasna, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat kepada kabupaten/kota di Jawa Barat yang berhasil meraih penghargaan. Ia berharap raihan prestasi ini menjadi motivasi bagi semua pihak untuk dapat meningkatkan inovasi, partisipasi, dampak, dan keberlanjutan dalam perencanaan pembangunan.

“Besar harapan kami untuk kabupaten/kota bisa bersama-sama mengagendakan TPB/SDGs dalam dokumen perencanaan menjadi lebih dan fokus dalam pencapaian pembangunan secara pentahelix untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan,” ujar Sumasna.

Pada waktu bersamaan Kepala Bappeda Kabupaten Garut, Didit Fajar Putradi, mengungkapkan rasa syukurnya atas diraihnya prestasi ini.

“Alhamdulillah, Kabupaten Garut mendapat penghargaan Penghargaan Best Practice SDGs Jabar Award 2022, ini merupakan kado akhir tahun, untuk meningkatkan kinerja, baik di internal Bappeda maupun kerjasama dan kolaborasi semua sektor khususnya dalam tujuan dan sasaran SDGS di Kabupaten Garut,” ujar Didit. (Abo/Tono)

No More Posts Available.

No more pages to load.