Kodim 0611/Garut Rem 062/Tarumanagara Gelar Pembinaan Komsos Komponen Bangsa Semester II TA.2022

oleh -52 Dilihat
oleh

 

KABAR GARUT,- Bertempat di Gedung Graha Bakti Kodim 0611/Garut Jl. Veteran No. 1 Pakuwon Garut Kota, Kodim 0611/Garut melaksanakan kegiatan pembinaan Komsos dengan komponen bangsa (Pembinaan Komunitas) Semester II Tahun anggaran 2022 dengan tema “Bersatu membangun Bangsa dalam Bingkai NKRI”. Selasa (13/9/2022).

Dalam kegiatan itu Selaku pimpinan Dandim 0611/Garut Letkol CZI Dhanisworo.S.Sos., yang dihadiri Ketua Komunitas Sepeda Motor FKPPI, Ketua Komunitas Pencak Silat, Ketua Komunitas Sepeda Motor (Nmx Rabbany), Ketua Komunitas Sepeda Gowes, Ketua Komunitas Tari , Ketua Komunitas Senam jantung, Ketua Komunitas Running Siliwangi, Ketua Mahasiswa, Ketua Komunitas UMKM, Ketua Balad Lumpat, dan Ketua Asia Aerobik.

Dalam sambutannya, Dandim 0611/Garut Letkol CZI Dhanisworo menyampaikan, kegiatan Pembinaan Komsos dengan Komponen Bangsa (Pembinaan Komunitas) TA. 2022, ” saya ucapkan selamat datang kepada Para peserta sekalian program Pembinaan Teritorial TNI AD yang diselenggarakan saat ini perlu disinkronisasikan secara sinergis antara kegiatan TNI AD dengan Pemerintah, Kementerian/LPNK dan Instansi terkait.”, ungkapnya.

Karena, dikatakan Dandim,TNI AD maupun komponen bangsa lainnya mempunyai kewajiban untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI serta melindungi kedaulatan bangsa dari setiap bentuk ancaman baik yang datang dari luar maupun yang timbul dari dalam negeri harus terselenggara dengan baik sesuai dengan konsep sistem pertahanan semesta (Sishanta),

“TNI AD sebagai komponen utama dalam penyelenggaraan Pembinaan Teritorial yang dilaksanakan oleh satuan Komando Kewilayahan guna pencapaian tugas pokok TNI.”, ujarnya.

Komunikasi Sosial sebagai salah satu metode Pembinaan Teritorial merupakan wahana untuk mencapai kesepahaman dan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat kepada seluruh komponen bangsa termasuk Keluarga Besar TNI.

Masih Kata Dandim, “Komunikasi Sosial dan Pembinaan terhadap Keluarga Besar TNI perlu dijaga dan terus ditingkatkan sehingga menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek kehidupan.

” Komunikasi Sosial merupakan salah satu metode pembinaan teritorial yang merupakan wahana untuk mencapai kesepahaman dan kesamaan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat kepada seluruh komponen bangsa termasuk Aparat Pemerintahan.”, ujarnya.

Lanjut dikatakan Dandim, Komunikasi Sosial antara prajurit TNI AD dengan Aparat Pemerintah perlu dijaga dan terus ditingkatkan sehingga menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial.

“Dengan Tema “Bersatu Membangun Bangsa Dalam Bingkai NKRI”. dengan tujuan Mewujudkan hubungan antara Prajurit TNI AD dengan Komponen Bangsa (Pembinaan Komunitas) yang lebih harmonis serta
dan meningkatnya pemahaman tentang Pancasila Bhinneka Tunggal Ika untuk berpartisipasi dalam membantu Kesulitan rakyat serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.”, ucapnya.

Ada beberapa materi yang akan disampaikan pada penyelenggaraan kegiatan ini, terang Dandim, Pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD dalam bidang teritorial tahun 2022, Serta Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.” Dengan harapan Tercapainya pemahaman Komponen bangsa
(Pembinaan Komunitas) tentang Pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD dalam bidang teritorial tahun 2022, Serta
Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Terjalinnya hubungan yang lebih harmonis antara TNI AD dengan Komponen bangsa (Pembinaan Komunitas) guna mendukung Tugas Pokok TNI AD.”,katanya.

Dandim menambahkan, Terwujudnya rasa persatuan dan kesatuan dalam
tubuh Komponen Bangsa (Pembinaan Komunitas); dan Terwujudnya kesamaan visi dan misi Komunitas Bangsa (Pembinaan Komunitas) untuk mendukung tugas
pokok TNI serta berpartisipasi dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.”, tambahnya.

Dandim berharap Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, para peserta yang hadir dapat memahami isi dari materi-materi yang akan disampaikan secara detail oleh para pemateri nantinya.

“Saya berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan penuh kesungguhan, disiplin dan rasa tanggungjawab yang tinggi, mudah-
mudahan upaya kita bersama ini bisa memberikan perubahan dan manfaat yang berarti bagi peningkatan kualitas Komunikasi sosial dengan Komponen Bangsa
(Pembinaan Komunitas) secara lebih baik.”, pungkasnya.

Penyampaiam materi Pokok-pokok kebijakan TNI AD bidang Teritorial oleh Kasdim 0611/Garut (Mayor Inf Kurniadi), dan materi tentang wawasan kebangsaan dan Belanegara disampaikan oleh Danramil 1114/Cilawu (Kapten Arm Hariyanto).

No More Posts Available.

No more pages to load.