Menhub Perkirakan Jalur Cikampek, Pejagan, Puncak dan Garut Ramai Saat Libur Nataru

oleh -175 Dilihat
oleh
Kabar Garut,- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta jajaran pemerintah daerah Jawa Barat memastikan masyarakat mematuhi syarat perjalanan jarak jauh di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Hal itu disampaikannya Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Penanganan Natal dan Tahun Baru bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan para pemangku kepentingan pada Kamis (16/12/2021).

Budi Karya mengatakan, Jawa Barat menjadi daerah yang paling banyak dikunjungi dan yang paling banyak dilintasi masyarakat dari berbagai daerah.

Gubernur dan Kapolda Jabar diminta intensif awasi jalur ramai di wilayahnya
Oleh sebab itu, pihaknya meminta pemerintah daerah melakukan pengawasan dan pemantauan secara intensif bersama pula dengan TNI dan Polri.
“Ada 3 tempat Cikampek, Pejagan, Puncak dan sekitar Garut itu selalu menjadi topik nasional, oleh karenanya saya mohon kepada Gubernur Jawa Barat, Pangdam 3 Siliwangi, dan Kapolda Jawa Barat, untuk menangani secara intensif,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis.
Ramp check digalakkan
Selain itu, Budi Karya juga menginstruksikan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat, untuk melakukan ramp check atau uji kelaikan kendaraan sepeti bus pariwisata, dan penerapan pembatasan kapasitas penumpang.
Ia menjelaskan, ketentuan syarat perjalanan jarak jauh di semua moda transportasi pada masa libur Nataru diatur sesuai Instruksi Mendagri Nomor 66 Tahun 2021 dan Addendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 24 Tahun 2021.

“Harus vaksinasi 2 kali dan tes antigen 1×24 jam,” imbuh Budi Karya.

Ridwan Kamil: yang utama pengetatan prokes
Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, pihaknya bersama instansi terkait telah menyiapkan titik pengetatan di daerah yang biasanya padat dikunjungi.
“Yang paling utama adalah kebijakan pengetatan prokes di destinasi padat parwisata dan memastikan pengecekan melalui aplikasi PeduliLindungi bisa dilaksanakan dengan baik,” ujar dia. Menurut pria yang akrab di sapa Kang Emil itu, dengan strategi pengetatan itu ditambah dengan adanya pelarangan cuti bagi ASN dan peniadaan libur sekolah, maka angka penambahan pasien Covid-19 di wilayah Jawa Barat dapat dikendalikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Menhub Perkirakan Jalur Cikampek, Pejagan, Puncak dan Garut Ramai Saat Libur Nataru”, Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/12/16/185341826/menhub-perkirakan-jalur-cikampek-pejagan-puncak-dan-garut-ramai-saat-libur?page=2.

No More Posts Available.

No more pages to load.