Merintis Festival Bambu Selaawi Garut jadi Event Tingkat Nasional

oleh -201 Dilihat
oleh

Kabar Garut,-Kegiatan Selaawi Bamboo Festival 2021 menjadi tonggak sejarah bagi Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pemerintah Daerah (Pemda) Garut berharap kegiatan itu naik kelas menjadi agenda rutin wisata tanah air.

“Jadi bambu ini yang asalnya masyarakat kita menggunakan biasa-biasa saja, sekarang terbalik justru menjadi maskot Kabupaten Garut bahkan maskot Jawa Barat,” ujar Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, di Gedung Selaawi Bamboo Creative Center (SBCC), beberapa waktu lalu.

Menurutnya, potensi bambu Selaawi yang melimpah bisa menjadi salah satu motor penggerak ekonomi masyarakat sekitar untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. “Jawa Barat itu terbiasa dengan bangunan-bangunan dari bambu, dan mudah-mudahan juga menjadi maskotnya Indonesia,” kata dia.

Helmi mendukung upaya Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki yang telah mengusulkan kepada Presiden RI, Joko Widodo untuk menjadikan bambu sebagai komoditas utama, termasuk menunjuk Kabupaten Garut sebagai percontohan pembimbitan bambu di Indonesia.

Hal itu diperkuat dengan dukungan kuat dari pemerintah dalam realisasi pembangunan gedung SBCC, termasuk dalam gelaran kegiatan festival bambu tersebut. “Dan tentu ini adalah dukungan dari semua pihak,” kata dia.

Menkop UKM RI, Teten Masduki mengapresiasi ide brilian Camat Selaawi, Ridwan Effendi untuk menjadikan Selaawi sebagai Kota Bambu. “Kalau Festival bambu ini diselenggarakan setiap tahun dan ini bisa menjadi kalender nasional, ini akan lebih bagus,” ujar dia.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.