Pemkab Garut Berikan Penghargaan Bagi Siswa Berprestasi Tingkat Nasional dan Provinsi

oleh -78 Dilihat
oleh

KABAR GARUT – 12 Desember 2022, Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, menyerahkan penghargaan bagi siswa asal Kabupaten Garut yang berprestasi di tingkat nasional maupun provinsi dalam apel Gabungan yang dilaksanakan di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut,

Diantaranya yakni berhasil menyabet Juara 2 Olimpiade Fisika SMP tingkat nasional dan berhasil meraih beberapa juara dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) jenjang SD dan SMP tingkat Provinsi Jawa Barat.

Seusai menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi, Wabup Garut sempat memberikan kesempatan kepada beberapa pemenang untuk tampil di hadapan peserta apel gabungan.

Adapun yang tampil tersebut adalah Kafiya Kiasatina Risyadi dari SDN 7 Regol Garut Kota yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Borangan (Bodor Sorangan) Putri, Malis Syalirin dari SDN 1 Ciwangi Limbangan yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Nembang Pupuh, dan Devan Mahesa Prayoga dari SMP Nurul Mutaqin Cisurupan yang berhasil meriah Juara 1 Lomba Maca Sajak.

Dalam beberapa penampilan tersebut, Wabup Garut mengatakan tanpa terduga banyak nasihat yang disampaikan, salah satunya penampilan dari Kafiya yang membawakan sebuah borangan terkait dengan pelayanan hingga kurikulum merdeka belajar.

“Ini sebenarnya nasihat walaupun mungkin kalau kita hitung secara rasional berapa orang, berapa persen, tanpa kita meminggirkan atau meniadakan peran kita peran pemerintah, tapi kita menyampaikan sesuai yang ada di masyarakat, itulah anak-anak kita barusan menyampaikan, tanpa terduga barusan dipanggil, kepala Dukcapil dipanggil, kepala dinas kesehatan dipanggil juga, dinas pendidikan juga sama, nasihat yang diberikan oleh anak-anak kita dengan Borangan (atau) bobodoran sorangan,” ujar Wabup Garut dalam sambutannya.

Selain melalui Borangan, imbuh Wabup Garut, dirinya juga tersentuh dengan pupuh yang sampaikan oleh ananda Malis, dengan materi pupuh terkait kondisi seorang yatim piatu yang hidup sebatang kara.

“Dengan pupuhnya yang luar biasa (di mana) pupuhnya menyampaikan pesan kepada kita bahwa di kalangan kita banyak yang miskin, yang yatim piatu _teu boga indung teu boga bapa_, sedih, _rek kukumaha ngagantungkeun diri ka gusti nu maha suci_ kan gitu,” ucapnya.

Ia menilai jika para penampil yang menunjukkan keahliannya di hadapan peserta apel gabungan merupakan seorang teman, karena telah mengingatkan terhadap hal-hal baik.

“Jadi ini pesan-pesan yang sebenarnya ini merupakan nasihat buat kita, ini adalah teman kita, karena sebaik-baik teman kata Nabi itu adalah orang yang mengingatkan kita kepada Allah, diingatkan kita, _ieu aya yatim aya piatu anu ngagantungkeun diri_ hanya kepada Allah, artinya kalau sudah menyampaikan menggantungkan diri kepada Allah kitalah yang mempunyai kewajiban bersama, nah ini sebaik-baik teman itu adalah yang mengingatkan kita kepada Allah,” ucap Wabup Garut.

Sementara itu, siswi SDN 7 Regol Garut Kota juga peraih Juara 1 Lomba Borangan di FBTI jenjang SD tingkat Provinsi Jawa Barat, Kafiya Kiasatina Risyadi, menuturkan untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba ini dirinya senantiasa berlatih setiap hari, sehingga berhasil meraih hasil yang maksimal dalam perhelatan FTBI Tahun 2022.

“(Dibuatnya) sama Pak Indra (Ayahnya), (perasaannya dapat juara 1) degdegan dan seneng, (tadi tampil sama Wabup Garut) seneng,” tandasnya.

Berikut para siswa yang di beri penghargaan;

*FTBI Jenjang SD*
1. Malis Syalirin dari SDN 1 Ciwangi, Balubur Limbangan – Juara 1 Lomba Nembang Pupuh Putra
2. Neng Syelfi Oktora dari SDN 2 Sukahurip, Cigedung – Juara 2 Lomba Nembang Pupuh Putri
3. Kafiya Kiasatina Risyadi dari SDN 7 Regol, Garut Kota – Juara 1 Lomba Borangan Putri
4. Asep Herdi Heryanto dari SDN 1 Sukarame, Bayongbong – Juara Harapan 1 Lomba Borangan Putra

*FTBI Jenjang SMP*
1. Devan Mahesa Prayoga dari SMP Plus Nurul Muttaqin, Cisurupan – Juara 1 Lomba Maca Sajak Putra
2. Kemala Kusumaningrum dari SMPN 1 Pameungpeuk – Juara Harapan 1 Lomba Sajak Putri
3. Fatihan dari SMPN 2 Pasirwangi – Juara 3 Lomba Borangan Putra
4. Siti Nuradawiyah dari SMPN 1 Cisurupan Juara 2 Lomba Borangan Putri
5. Yusri Hubul Watoni dari SMPN 1 Pameungpeuk – Juara Harapan 1 Lomba Dongeng Putra
6. Reza dari SMP IT Sindang Prabu Wanaraja – Juara 3 Lomba Carpon Putra
7. Arcecllya Arsy Lazuardy dari SMPN 2 Pameungpeuk – Juaraa Harapan 2 Lomba Carpon
8. Saepul Jamil dari SMPN Satap Peundeuy – Juara Harapan 1 Lomba Nembang Pupuh Putra
9. Kayla Larasati dari SMPN 1 Cikajang – Juara 2 Lomba Nembang Pupuh Putri

*Juara 2 Olimpiade Fisika SMP tingkat Nasional*
diraih oleh siswa SMP IT Darul Abror yaitu Hamzah Imam Muttaqin, Naufal Sabiq Ammarudin, dan Mochammad Althaf Farros. (Abo/Tono)

No More Posts Available.

No more pages to load.