Untuk Ganti Pohon Keras di Sekitar SUTT, Warga Diberi Bibit Pohon Kopi Oleh PLN Garut

oleh -143 Dilihat
oleh

kabargarut.com – Sejumlah warga Garut yang memiliki pohon keras di sekitar saluran udara tegangan tinggi (SUTT), diberi bibit pohon kopi oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Garut.

Warga diharap bisa mensubstitusi pohon keras tersebut dengan pohon kopi sehingga tidak mengganggu kehandalan listrik.

Manager PLN ULTG Garut, Maman Nurjaman mengatakan bahwa pada ruas SUTT Darajat-Garut, dari tower 38 hingga 40 150 kV setidaknya terdapat 400an pohon yang tingginya dalam batas bahaya 1.

Setidaknya, ada berbagai jenis pohon yang dianggap berbahaya dan bisa mengganggu aliran listrik.

“Dengan dibagikannya bibit pohon kopi ini, diharapkan warga mengganti pohon keras dengan tanaman kopi. Maka potensi bahaya gangguan yang disebabkan oleh pohon akan menjadi berkurang bahkan tidak ada,” ujar Maman.

Menurut Maman, bibit pohon kopi yang dibagikan pada Rabu, 30 Juni 2021 itu kelak menjadi tanaman dengan tinggi yang rendah namun memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Dengan begitu, pohon keras yang saat ini diganti oleh yang produktif dan keandalan listrik tidak terganggu.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan hal serupa kepada seluruh masyarakat di jalur ROW SUTT juga SUTET.

“Ini juga tentunya menjadi bagian rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan, juga kesejahteraan masyarakat dan lingkungannya,” katanya.

Tidak hanya membagikan bibit kopi saja, dijelaskan Maman, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Garut.

Dinas Pertanian Kabupaten Garut nantinya akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada warga yang mendapat bibit kopi.

“Selain kegiatan pembagian bibit kopi ini, kami juga meminta agar masyarakat ikut menjaga listrik dengan memangkas pohon yang berada di bawah jalur SUTT/SUTET kalau sudah tinggi dengan konduktor. Selain itu juga kami minta agar masyarakat tidak bermain layang-layang dekat jaringan listrik dan tidak menggunakan benang kawat,” tutup Maman.

***

Artikel ini telah tayang di :
https://jurnalgarut.pikiran-rakyat.com/berita-garut/pr-332147674/pln-garut-beri-warga-di-sepanjang-sutt-bibit-pohon-kopi-gantikan-pohon-keras

No More Posts Available.

No more pages to load.